Translate

Selasa, 25 Maret 2014

Ganja Kucing (Catnip)

Assalamu'alaykum..

Percaya engga sih, kalau suatu hari nanti, tumbuhan-tumbuhan akan menjadi "obat masa depan" ? ^_^

Sedikit mengulas tentang rerumputan. Pasti anda sudah terlalu familiar dengan rumput, ilalang, atau tumbuhan yang anda anggap sebagai hama tanah tersebut bukan ? Sebenarnya banyak manfaat yang di hasilkan oleh tumbuhan-tumbuhan tersebut . Meskipun tidak semuanya aman di konsumsi dan berguna, tetapi tumbuhan-tumbuhan yang ada di sekitar kita sebenarnya sangat bermanfaat .

Pernahkah anda mendengar manfaat dari tumbuhan “ganja kucing” ? Tumbuhan tersebut cukup terkenal di masyarakat daerah Sumatera Utara khususnya kota Medan . Tumbuhan tersebut dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit dalam yang kita alami misalnya, penyakit tulang, kolesterol, asam urat, rematik, dan lain-lain . Tumbuhan tersebut merupakan tumbuhan yang berasal dari salah satu di antara 8 jenis bayam-bayaman (labiatae) yang kita kenal . Contoh jenis bayam-bayaman lainnya yaitu jelatang ayam, bayam merah, miana, dan lain-lain .

Cara pengolahannya cukup mudah, hanya mencabutnya beserta dengan akarnya, mencucinya, kemudian menjemurnya di panas terik matahari . Setelah kering, pisahkan bagian daun sampai batang yang mendekati akar dari akarnya tersebut, ambil bagian akarnya saja kemudian di rebus dan airnya di minum .
Cukup mudah dan tidak akan ada “efek masa depan“ seperti halnya dengan dampak obat kimia yang semakin merusak .

Dan fakta yang cukup mengejutkan lainnya adalah akar dari ganja kucing tesebut memang benar dapat menarik minat seekor kucing untuk memakannya, dan itu jugalah sebabnya mengapa tumbuhan jenis bayam-bayaman tersebut dinamakan “ganja kucing” .

Sangat mudah sekali mendapatkannya di pinggiran jalan atau semak sekeliling rumah anda , karena biasanya tumbuhan tersebut dapat tumbuh liar dengan mudahnnya di sekitar kita . Silahkan mencoba karena anda hanya perlu menjelajah untuk mendapatkannya . Di kota Medan sendiripun masi tidak banyak di perjual belikan, hanya saja masyarakat medan sudah banyak mengetahui dan mencoba khasiatnya, terbukti sakit yang mereka derita semakin berkurang hari demi hari, dan setelah sembuh tidak ada efeknya untuk semakin buruk .







Reaksi kucing yang di sodorkan Akar pohon Ganja Kucing














Ini dia.. GANJA KUCING atau CATNIP



 





Foto Kucing Telah di Samarkan


Jamu atau bahan rempah begitu penting dalam pengobatan di masa lalu, namun di masa yang lebih berkembang dari masa yang sebelumnya ini, jamu hampir tak terjamah . Jamu sudah tergantikan oleh cepatnya penyembuhan yang di hasilkan oleh obat kimia . Padahal sesungguhnya, obat kimia memiliki dampak yang begitu besar bagi kita di saat kita telah merasa sembuh .

Sebenarnya, kita dapat tetap sehat tanpa menggunakan obat kimia dengan tetap menggunakan jamu atau bahan alami lainnya dengan pengolahan yang lebih modern . Meskipun kita tau, bahwa sudah banyak produk alami di Indonesia yang di buat dari bahan alami tersebut, tetapi pada hakikatnya masyarakat lebih percaya dan aktif dalam penggunaan obat kimia di karenakan hasil yang di peroleh “konon katanya” lebih cepat, meskipun akan kembali lagi dalam selang waktu berikutnya .

Sedikit saran dan membuka kembali fikiran kita yang telah lama "bersarang laba-laba" :)
Anda adalah orang yang pasti dapat memilih mana hal yang baik dan mana hal yang buruk, selama anda telah mendapat informasi dan pengetahuan akan hal tersebut . Jadilah masyarakat yang bijak dan teliti dalam memilih pilihan hidup anda .
Anda dapat menanam sendiri obat anda, anda dapat menentukan sendiri kualitas obat anda . Maka kepuasan dalam diri di hidup anda akan anda dapatkan .



Bagi anda yang mempunyai sedikit halaman di rumah anda, maka anda dapat menanamnya sendiri dan tentu saja anda dapat menentukan kualitas bahan jamu yang anda tanam . Atau jika luas area tanah di halaman rumah anda kurang memadai, anda dapat menanamnya di dalam polibek dan meletakkannya di teras rumah anda . Selain manfaat tanamannya, rumah anda juga akan terlihat indah dan asri dari tanaman yang menghiasi teras anda tersebut . Cukup mudah bukan untuk sehat, aman, dan nyaman ? Yuk kembali ke yang alami ....

*AHC_admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar