Translate

Senin, 24 Maret 2014

Khasiat Madu



Assalamu'alaykum sahabat, pernah dengar kata "jamu" ?
Jamu, ketika anda mendengar kata itu maka yang terlintas adalah rasa pahit . Tetapi tahukah anda bahwasanya jamu adalah obat dengan tidak adanya “efek masa depan” di banding dengan obat-obatan kimia yang selama ini kita minum . Ya, benar sekali, Efek masa depan yang saya maksud adalah dampak dari obat-obatan kimia yang sudah kita minum . 

Tidak semua jamu berasa pahit, pernahkah anda merasakan manisnya madu ? madu adalah salah satu zat alami yang di hasilkan olek kawanan lebah . Madu memiliki banyak manfaat, misalnya dapat menyembuhkan panas dalam, merawat kecantikan dan kesehatan lainnya . Madu juga mengandung banyak zat gizi yang di perlukan oleh tubuh misalnya, asam amino, karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral . 

Menurut informasi dan penelitian para ahli, madu mengandung karbohidrat paling tinggi di antara produk-produk ternak yang ada misalnya, susu, daging, telur, dan lain-lain . Kandungannya melebihi 80% dari zat pada produk ternak tersebut dan ternyata madu memiliki senyawa yang sangat kompleks yaitu mencapai 181 jenis, WOOW !! Adakah obat kimia yang anda ketahui yang sekompleks juga seaman madu untuk di konsumsi ? mungkin jawabannya adalah tidak !
Madu itu ternyata memiliki manfaat yang luarbiasa, di madu terdapat  kandungan royal jeli dan propolis . Propolis itu sendiri diambil dari air liur lebah yang mempunyai manfaat menyembuhkan banyak penyakit, salah satunya yaitu penyakit kulit . Madu juga bisa diolah menjadi cuka yang bermanfaat untuk meningkatkan stamina .


Tanpa kita sadari, hasil olahan alam yang bernama madu ini sangat berguna dalam membantu manusia menjaga pola hidup sehat . Dari anak-anak hingga orang dewasa bisa dan sangat baik untuk mengkonsumsinya . Bahkan ibu hamil sangat di anjurkan untuk mengkonsumsinya sebagai suplemen penjaga kesehatan tubuhnya dan membantu asupan gizi yang tinggi untuk janin yang ada dalam kandungan .

Pada masa dewasa ini, kondisi lingkungan yang tidak sehat sangat mempengaruhi tumbuh kembang manusia . Untuk para remaja aqil baligh sangatlah di perlukan suplemen vitamin sebagai pendukung pertumbuhan remaja agar tumbuh lebih baik dan sempurna, selain itu  untuk para pekerja keras juga sangat di anjurkan agar terhindar dari berbagai penyakit yang paling sering menyerang yaitu penyakit thypus, maka madu adalah jawaban yang tepat untuk semua keresahan tersebut .

Penggunaan dan pengolahan madu di kehidupan kita cukup mudah jika anda atau keluarga anda sulit dan tidak menyukai rasanya . Madu dapat anda gunakan sebagai bahan campuran kue, yang rasanya tidak kalah lezat dengan campuran coklat ataupun keju yang biasa kita buat . Selain enak, makanan tersebut sudah jelas sangat sehat, mengingat kandungan madu yang begitu kompleks atas zat-zat penting yang di perlukan oleh tubuh . Sumber alam Indonesia yang begitu kaya akan rempah dan alamnya yang tropis sangat potensial sekali untuk memasyarakatkan obat-obatan herbal .


Ayat Al Qur'an yang menyatakan bahwa madu bisa untuk menyembuhkan penyakit adalah sebagai berikut:

ثُمَّ كُلِي مِنْ كُلِّ الثَّمَرَاتِ فَاسْلُكِي سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلا يَخْرُجُ مِنْ بُطُونِهَا شَرَابٌ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ فِيهِ شِفَاءٌ لِلنَّاسِ إِنَّ فِي ذَلِكَ لآيَةً لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ 

"Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan."
(QS. An-Nahl: 69).

Jamu, adalah rempah alam yang sangat mudah untuk di temukan di Indonesia, hanya saja para petani rempah belum dapat mengolahnya sendiri menjadi bahan obat-obatan yang praktis untuk di konsumsi . Para ahli pengobatan masih lebih mengutamakan mengolah bahan kimia sebagai media pengobatan, ketimbang dengan bahan alami yang berasal dari alam meskipun sudah ada produk-produk kesehatan dan kecantikan lainnya yang mengandung bahan alami .

Coba perhatikan masa dimana dulu masyarakat tidak mengkonsumsi obat kimia, mereka memiliki rata-rata hidup lebih lama di bandingkan kita yang sudah mengkonsumsi obat kimia . Mereka memiliki gigi yang sehat dan kokoh, sedangkan kita bergigi rapuh dan berwarna agak menghitam . Apa lagi pada pengkonsumsi obat kimia sejak kecil, gigi mereka akan berwarna agak menghitam, dan itu adalah salah satu efek obat kimia tersebut .

Dampak negative yang terjadi begitu besar bagi kita . Kita harus dapat memilah dan memilih apa yang harus kita jadikan sebuah keputusan untuk kelangsungan hidup kita di masa depan . Lebih baik kita menyadarinya sekarang agar tidak ada penyesalan di akhir nanti . Jadilah kita manusia yang “aman”, agar tidak ada dampak yang terjadi di masa yang akan datang .

Fakta penting lainnya yaitu bahwa harga jual bahan dasar jamu yang dalam hal ini adalah dedaunan, akar, batang, bunga, biji organik lainnya, adalah bisa terbilang murah, maka yang perlu di sadari agar anda dan khususnya para pengusaha, untuk dapat mengembangkan jamu sebagai obat-obatan sehat dan berkualitas tinggi dengan mengolahnya sebaik mungkin . Selain untung yang besar dari hasil produksi jamu yang anda buat, anda juga dapat membangun masyarakat sehat dengan masa depan “aman” demi kelangsungan.hidup yang lebih baik di masyarakat kita ini .


Tugas kita adalah menjaga, merawat, agar alam kita “sehat” dan tidak tercemari, karena apa yang kita lakukan hari ini berdampak pada anak cucu kita kelak, jika kita menginginkan generasi kita mendapatkan hal terbaik dalam hidup mereka, maka kita sebagai “pendahulu”  mereka harus dapat  melakukan hal yang terbaik untuk mereka, seperti kata pepatah lama “yang menanam, pasti akan menuai” . Mari kita bersama bahu membahu mensejahterakan Indonesia dengan menerapkan pola hidup sehat, dengan memasyarakatkan jamu sebagai obat herbal yang minim efek samping, harga terjangkau, Tapi khasiatnya luar biasa . Jika masyarakat Indonesia sehat, maka peluang untuk menjadi masyarakat yang lebih baik akan semakin mudah untuk tewujud . Mari kita bersama-sama menjadi pribadi yang bijak . Selamat mencoba ^_^

*AHC_admin


Tidak ada komentar:

Posting Komentar